Dimulai dengan pengumpulan data EMI semester ganda untuk tahun ajaran 2020/2021, setiap sekolah perlu meninjau halaman EMI baru dan mengkonfirmasi data kelembagaan. Data akan dikumpulkan mulai 1 hingga 12 Maret 2021
Demikian surat yang dikirimkan kepada para kepala kantor wilayah Kementerian Agama se-Indonesia oleh Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama. Surat tertanggal 1 Maret 2021, B-602/DJ.I/Set.I/OT.01.3/03/2021, tentang peran organisasi sekolah dalam menyempurnakan dan mengukuhkan data tahun 2021.
Dalam surat tersebut, masing-masing sekolah harus melakukan koreksi menggunakan aplikasi Emis yang baru dan mengkonfirmasi rincian organisasi sekolah, yang dapat diakses dari https://emis.kemenag.go.id.
Data yang akan diverifikasi meliputi data profil perusahaan, alamat, atau data kepemilikan agensi. Setelah mengkonfirmasi informasi perubahan.
Isi lengkap pesan tersebut adalah sebagai berikut.
Sebagai bagian dari implementasi Proyek Reformasi Kualitas Pendidikan Realizing Education Promise (REP-MEOR) (REP-MEOR) , Kementerian Pendidikan meluncurkan kembali dan mengembangkan aplikasi EMIS sebagai bagian dari proses transformasi digital Kementerian Pendidikan. Demi keberhasilan aplikasi EMIS ini, saya ingin membantu Anda untuk segera mengupdate semua biaya sekolah di wilayah target Anda dan membantu Anda mengamankan data organisasi sekolah Anda di aplikasi EMIS yang baru, yang dapat diakses melalui https: // adalah termasuk. /emis.kemenag. joan.id/
Proses pembenahan dan verifikasi data lembaga sekolah tersebut dapat dilakukan mulai 1 Maret 2021 hingga 12 Maret 2021. Proses verifikasi data organisasi dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
- Optimalkan data profil organisasi Anda:
- Koreksi alamat negara perusahaan;
- Konfirmasikan informasinya.
Jika Anda membutuhkan layanan informasi, Anda dapat melakukannya melalui chat kami di http: madrasahroform.kemenag.go.id atau dengan menghubungi agen langsung kami di 081147402020 (untuk kontak whatsapp saja). Buku petunjuk atau tutorial dapat diunduh dari http://emisn.kemenag-go.di pada menu "Panduan Pengguna".
Ini segera diperhatikan dan diikuti. Terima kasih atas minat dan kerjasamanya.
Apa yang harus dilakukan sekolah?
Ada banyak hal yang harus dilakukan saat memperbarui data organisasi ini, seperti:
1. Pendaftaran akun organisasi itu penting
Saat data dikumpulkan di IME baru, departemen organisasi mengambil langkah persetujuan. Kepatuhan terhadap operator (staf organisasi) harus diverifikasi dan disetujui oleh kepala sekolah melalui akunnya. Inilah sebabnya, dulu, setiap organisasi sekolah mendaftarkan akun utama (kamad).
RakyatPos.ID membahas secara detail tata cara pendaftaran akun Kepala Sekolah pada artikel sebelumnya. Silakan baca di sini dan baca: Cara membuat akun EMS untuk kepala sekolah
2. Perbaiki data awal
Operator membuka halaman Emis Madrasah dengan akunnya dan memverifikasi detail organisasi. Data yang hilang, tidak lengkap atau salah akan diperbaiki oleh operator.
Daftar yang akan dibuka dan diproses adalah sebagai berikut:
- Dari menu Pengaturan> Profil> Presentasi:
- Data verifikasi seperti akronim sekolah, NPWP, nomor telepon sekolah, alamat website, email sekolah, tahun berdiri, dokumen organisasi, nomor ordonansi organisasi, nomor ordonansi Kemenkumham, pengatur organisasi, dll.
- Ketika Anda mengklik "Simpan".
- Akan muncul notifikasi, klik Yes.
- Infrastruktur> Sumber daya berkelanjutan> Daftar lahan:
- Klik panah bawah di sebelah kanan
- Klik Edit
- Lengkapi data yang ada dengan informasi kontak
- Jika Anda memiliki masalah dengan koordinat sekolah, masukkan nama kota atau kecamatan di kotak kiri bawah pada peta sampai Anda melihat lokasi yang tepat di peta.
- Tarik pin merah ke lokasi sekolah. Peta dapat diperbesar untuk kenyamanan atau diubah menjadi satelit.
- Informasi kontak akan terisi secara otomatis
- Ketika Anda mengklik "Simpan".
- Akan muncul notifikasi, klik Yes.
- Jika Anda telah mencapai alamat lain, klik tombol Tambah di sudut kanan atas.
- Klik menu dasbor
- Klik tombol Kirim Permintaan Penerimaan.
- Buka halaman konfirmasi
- Klik menu Desain.
- Daftar permintaan untuk mengubah informasi akan ditampilkan.
- Pilih tombol tindakan di sebelah kanan setiap jenis perubahan
- Pilih Terapkan untuk meminta persetujuan manajer, pilih Hapus perubahan, atau pilih Lihat detail untuk melihat apa yang berubah dalam data.
- Akan muncul notifikasi, klik Yes.
- Masuk menggunakan alamat email dan kata sandi yang sebelumnya Anda simpan di halaman yang baru diterbitkan.
- Buka menu panel
- Di bagian Konfirmasi Izin, klik kanan di paling kanan.
- Buka halaman konfirmasi
- Klik antrian Terima.
- Buka daftar permintaan untuk mengubah data yang dibuat oleh operator
- Pilih tombol tindakan di sebelah kanan setiap jenis perubahan
- Pilih "Terima" untuk menerima perubahan data yang diusulkan, pilih "Tolak" untuk menolak perubahan, atau pilih "Lihat detail" untuk melihat apa yang terjadi pada perubahan data.
- Permohonan yang diterima tercantum dalam Liontin menunggu penerimaan kolom Urusan Agama.