NETWORK : RakyatPos | ValoraNews | Kupas Online | TopSumbar | BanjarBaruKlik | TopOne | Kongkrit | SpiritSumbar | Basangek | MenaraInfo | Medikita | AcehPortal | MyCity | ReportasePapua | RedaksiPos | WartaSehat

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Siswa Madrasah Kini Bisa Lihat Rapor Secara Online

Wednesday, June 1, 2022 | June 01, 2022 WIB Last Updated 2022-06-01T11:55:11Z

Siswa madrasah dan orang tua sekarang dapat melihat kartu mereka secara online hanya menggunakan ponsel mereka. Hal ini setelah Digital Madrasah Reporting Card (RDM) memperkenalkan fitur Mobile RDM pada akhir Januari lalu yang dapat diakses melalui perangkat Android dan iOS.


Saat ini, hanya poin pelaporan dari semester sebelumnya yang dapat dibuka secara online oleh siswa atau orang tua siswa. Namun belakangan pihak pengembang RDM mengumumkan akan meningkatkan kemampuan aplikasi ini agar mahasiswa dapat melihat hasil penilaian harian (poin PH) yang telah mereka capai pada semester berjalan.


Dengan adanya fitur ini tentunya siswa dapat memantau secara real time kinerja akademik orang tua siswa untuk setiap mata pelajaran KD.

Aplikasi Mobile RDM


Persyaratan agar RDM dapat diakses oleh siswa


Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi madrasah tempat siswa berada untuk melihat ijazah dalam laporan online ini.


Syarat pertama madrasah harus menggunakan aplikasi Madrasah Digital Report Card (RDM). Kedua, RDM yang digunakan adalah versi internet yang menggunakan IP publik , mis. tuan rumah.


Seperti yang diperlihatkan pada artikel sebelumnya oleh RakyatPos.ID, Direktorat Jenderal Pendidikan Kementerian Pendidikan telah mengembangkan aplikasi Kartu Rapor Digital Madrasah yang dapat digunakan secara gratis oleh seluruh matras Indonesia. Aplikasi rapor digital ini tersedia dalam tiga versi: hosting, VDI dan XAMPP.


Pilihan hosting ini kemudian dapat diakses oleh siswa dan orang tua mereka. Dua opsi lainnya, XAMPP dan VDI, mungkin tersedia selama adaptor pelaporan terhubung ke internet melalui IP publik, bukan hanya jaringan lokal.


Syarat ketiga adalah matras terbuka untuk siswa sehingga bisa membuka relasi masing-masing. Istilahnya aktivasi versi Mobile RDM. Permintaan terakhir ini cukup mudah dipenuhi karena hanya membutuhkan beberapa klik dari pengelola RDM Madrasah langsung ke aplikasi RDM.


Bagaimana cara siswa mengakses nilai RDM?


Setelah madrasah memenuhi tiga persyaratan di atas, siswa dan orang tua mereka akan dapat membuka, mengakses, dan mengakses raport di mana saja, kapan saja.


Cara untuk mencapai ini sangat sederhana.


Sebelumnya siswa menanyakan tiga hal kepada pihak madrasah: NSM , NISN (jika tidak tahu) dan password untuk login ke RDM Mobile. NSM adalah Nomor Statistik Madrasah (satu madrasah sama), sedangkan NISN adalah Nomor Induk Siswa Nasional (untuk siswa yang berbeda). Password NISN ini akan digunakan sebagai login.


Hukum. Cara melihat, menandai dan mengubah NISN terakhir


Untuk menginstal aplikasi RDM Mobile, lakukan hal berikut:

  1. Siswa menginstal aplikasi RDM - Digital Medresah Rapor langsung dari Play Store (untuk pengguna Android) atau dari App Store (untuk pengguna iOS)
  2. Anda juga dapat menggunakan tautan berikut untuk menginstal: https://play.google.com/store/apps/details?id=id.hdmadrasah.rdm (android) dan https://apps.apple.com/us/app / rdm-laporan-medresah-digital / id1604487156 (iOS)
  3. Selesaikan proses instalasi.
  4. Jika sudah terpasang, buka aplikasi Rapor Madrasah Digital.
  5. Saat aplikasi dibuka untuk pertama kalinya, ia meminta Anda untuk memasukkan NSM. Masukkan NSM dan klik tombol "Verifikasi Server RDM".
  6. Jika "Maaf, Madrasah Anda belum mengaktifkan akses seluler" di bawah ini, berarti fitur RDM Seluler tidak diaktifkan atau Madrasah tidak memenuhi persyaratan di atas. Ketika halaman login terbuka, itu berarti aplikasi siap digunakan.
  7. Masukkan kolom username dan password NISM yang diperoleh dari madrasah.
  8. Jika login berhasil, aplikasi akan menampilkan halaman RDM Mobile Dashboard dengan nama madrasah di bawah siswa dan NISN. Ada informasi tentang cara meringkas detail kelas dan meringkas nilai.


Di dalamnya terdapat empat tombol menu, yang meliputi panel, nilai, data siswa, dan keluar.


Menu nilai akan menampilkan daftar nilai siswa yang relevan untuk satu semester. Ijazah semester hijau adalah ijazah yang sudah tersedia bagi mahasiswa, sedangkan gelar semester kuning masih belum bisa diraih.


Nilai yang ditampilkan selama ini hanya nilai akhir atau rapor tiap semester. Jadi mahasiswa hanya bisa melihat nilai semester sebelumnya.


Kedepannya, aplikasi akan dikembangkan sedemikian rupa untuk dapat mengakses detail yang berharga, baik dalam nilai PH Pengetahuan dan Keterampilan maupun dalam hasil PAS/PAT. Dengan demikian, misalnya, siswa akan dapat langsung mengecek nilai yang diterimanya setelah menyelesaikan penilaian harian.


Pada lembar data siswa, siswa dapat melihat informasi pribadi siswa, mulai dari nama, NISN, tanggal lahir, alamat hingga informasi orang tua dan wali.


Menu terakhir adalah keluar dari aplikasi atau berpindah dari satu akun siswa ke akun lainnya.


Dengan menggunakan aplikasi Mobile RDM, siswa madrasah dapat langsung melihat hasilnya secara online . Selain itu, akan memudahkan siswa: orang tua dapat melihat prestasi akademik mereka selama berada di madrasah.

Tag Terpopuler