NETWORK : RakyatPos | ValoraNews | Kupas Online | TopSumbar | BanjarBaruKlik | TopOne | Kongkrit | SpiritSumbar | Basangek | MenaraInfo | Medikita | AcehPortal | MyCity | ReportasePapua | RedaksiPos | WartaSehat

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Persamaan dan Perbedaan ANBK dan AKMI

Monday, June 6, 2022 | June 06, 2022 WIB Last Updated 2022-06-07T10:44:59Z

Banyak warga sekolah bertanya-tanya tentang persamaan dan perbedaan antara ANBC dan ACMI. Perbedaan yang paling kentara tentu saja nama dan regulatornya. ANBK atau Asesmen TI Nasional (disebut juga hanya AN) dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan AKMI atau Asesmen Keterampilan Sekolah Indonesia dilakukan oleh Kementerian Agama.


Kemiripan antara ANBK dan AKMI tentu saja mereka melakukan asesmen keterampilan yang akan dilakukan pada tahun 2021.


Baca: Surat Edaran untuk melengkapi pendataan AKMI

Perbedaan ANBK dan AKMI

Tapi apakah hanya ini persamaan dan perbedaan antara ANBK dan AKMI?


Persamaan Antara ANBK dan AKMI


Penilaian ANBK dan AKMI digunakan untuk mencerminkan kualitas sistem pendidikan dengan menggunakan alat penilaian keterampilan. Keduanya umumnya fokus pada keterampilan membaca, menulis, dan matematika.


Persamaan kedua juga bergantung pada komputer. Meski menggunakan kedua mode tersebut, ANBK dan AKMI menyediakan dua pilihan mode, mode in-line dan mode semi-in-line. Konektivitas internet berarti bahwa peserta mengerjakan pertanyaan langsung secara online dari server pusat. Dalam mode semi-connected, melalui beberapa langkah, dimulai dengan sinkronisasi online antara server pusat dan server sekolah, para peserta bekerja secara offline dari server sekolah, setelah itu sekolah mengirimkan pekerjaan siswa ke server pusat melalui Internet.


Berikut beberapa persamaan ANBK dan AKMI yang dapat dirangkum dari RakyatPos.ID. Mungkin persamaan lain bisa ditambahkan.


Perbedaan ANBK dan AKMI


Dari berbagai sumber, termasuk dengan outlet ANBK 2021 , RakyatPos.ID merangkum beberapa perbedaan antara ANBK dan AKMI.


Perbedaan utama menyangkut peserta. Dimana NSA akan diawasi oleh kepala sekolah, guru, dan siswa, ACMI hanya akan membantu siswa. Di ANBK, hanya kepala sekolah dan guru yang mengisi angket lingkungan belajar, tetapi untuk siswa mencakup penilaian keterampilan minimal (melek huruf dan matematika), survei kepribadian, dan survei sikap, lingkungan belajar. Selama program AKMI, siswa mengikuti tes literasi membaca, matematika, literasi sains, dan literasi sosial budaya.


Baca: Kalender Registrasi Nasional 2021 untuk semua jenjang


Masih relevan dengan peserta, perbedaan mengejutkan berikutnya adalah NSA akan diikuti sampel siswa SD/MI kelas 5/5 (35 siswa per sekolah), serta siswa kelas 8 SMP/MT dan kelas 11. Kelas SMA/MA/SMK (50 siswa). siswa di sekolah).


Sedangkan peserta AKMI semuanya adalah level 5 MI, 8 MC dan 11 MA/IOC. Namun untuk pelaksanaannya pada tahun 2021, hanya 50% SD yang akan mengikuti AKMI, yakni 12.809 MI akan dipilih di seluruh Indonesia. Sisanya 50% jenjang MI serta MT dan MA akan mengikuti AKMI pada tahun 2022.


Baca: AKMI 2021, Disusul 50% MI di Indonesia, MT dan MA Kapan?


Perbedaan lengkap antara ANBK dan AKMI dapat dilihat pada tabel di bawah ini.


perbedaan ANBC ACMI
nama depan Asesmen Nasional (NA) atau Asesmen Komputasi Nasional (ANBK) Penilaian Keterampilan Sekolah Dasar (AKMI)
sebuah definisi Penilaian Nasional adalah penilaian yang dipimpin pemerintah untuk memetakan kualitas sistem pendidikan di pendidikan dasar dan menengah menggunakan alat penilaian keterampilan yang lebih rendah (literasi dan matematika), survei kepribadian dan lingkungan belajar. AKMI merupakan penilaian yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama untuk mengukur keterampilan siswa di sekolah agama dalam membaca, berhitung, budaya ilmiah dan sosial budaya budaya.
peserta sebuah. Kepala Dinas Pendidikan
B semua guru
vs. Kelas lima, delapan dan sebelas dipilih sebagai sampel di unit sekolah (35 siswa di tingkat dasar dan 45 siswa di tingkat menengah)
Seluruh siswa berasal dari kelas V MI, VIII MT dan XI MA/MAK
Alat siswa sebuah. Penilaian keterampilan minimal (literasi, matematika)
Ikhtisar Karakter B
vs. Cari di lingkungan pencarian
sebuah. membaca dan menulis
B. Literasi Digital
vs. Literasi Sains
Dalam literasi sosial dan budaya
Alat untuk Pemimpin dan Pendidik Cari di lingkungan pencarian -
Tingkat kelas dan tingkat siswa sebuah. Kelas 5 SD / MI / Paket A / Ula
Kelas Delapan B HMD / MC / Paket B / Wustha
vs. Kelas 11 SMA / MA / SMYA / MAK / Paket Z / Ulya
sebuah. MI Kelas 5 (50% MI di Indonesia) 2021
B MI Kelas 5 (sisa 50% MI), MT Kelas 7 dan MA Kelas 11 tahun 2022
waktu eksekusi sebuah. SMQ / IAC / Paket C: 20-23 September 2021
B SMA/MA: 27-30 September 2021
vs. BMD / MC / Paket B: 4-7 Oktober
Dalam kemasan Gel SD/MI/A. Tayang perdana: 8-11 November 2021
e.SD / MI / Sebungkus gel. 2: 15-18 November 2021
Michigan: 20 Oktober - 6 November 2021
Kategori Pencapaian Kompetensi Terdiri dari 4 level :
1. Diperlukan intervensi khusus
2. Dasar
3. Obrolan
4. Eksperimental
Terdiri dari 5 level :
1. Diperlukan intervensi khusus
2. Dasar
3. Obrolan
4. Memenuhi syarat
5. Anda membutuhkan ruang kreatif

Itulah sejumlah perbedaan Penilaian Nasional (NA) dan Sekolah Nasional Indonesia (AKMI), yang dirangkum RakyatPos.ID dari berbagai sumber. Jika tidak ada perbedaan, tulis di kolom komentar.


Baca juga: Tanggal Penting Asesmen Nasional 2021


Kami berharap dengan memahami persamaan dan perbedaan antara National Bank of Kuwait dan Aga Khan Institute of Islamic Institutions akan memudahkan semua pihak, terutama sekolah agama, untuk mempersiapkan dua kegiatan berbasis keterampilan.

Tag Terpopuler