NETWORK : RakyatPos | ValoraNews | Kupas Online | TopSumbar | BanjarBaruKlik | TopOne | Kongkrit | SpiritSumbar | Basangek | MenaraInfo | Medikita | AcehPortal | MyCity | ReportasePapua | RedaksiPos | WartaSehat

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Contoh Soal Asesment Nasional Survei Lingkungan Belajar Untuk Guru

Tuesday, June 14, 2022 | June 14, 2022 WIB Last Updated 2022-09-29T15:11:13Z

Surat edaran ini merupakan surat pemberitahuan dari Badan Standar Pendidikan, Kurikulum dan Evaluasi (sebelumnya BSNP). 1424 / H4 / PG.00.02 / 2021 17 September 2021. Dengan surat ini Yang Mulia, kami informasikan bahwa pada saat melakukan Survei Nasional (VN), semua guru kelas dan guru wajib melakukan pemeriksaan perangkat dari lingkungan belajar. Survei lingkungan belajar bertujuan untuk menjaring berbagai aspek yang berkaitan dengan kelas dan lingkungan kelas. Oleh karena itu, kami berharap hasil NA memberikan informasi yang lengkap tentang kontribusi dan proses pembelajaran.


https://surveillingkungansiswa.kemdikbud


Ada 5 aspek yang perlu diperhatikan dalam survei lingkungan belajar :

  1. Termasuk keselamatan sekolah, keselamatan dan keamanan siswa, sikap dan keyakinan guru, serta kebijakan dan program sekolah.
  2. Praktik Keberagaman Sekolah , Praktik Multikultural di Kelas Perspektif dan Keyakinan Guru dan Kepala Sekolah Kebijakan dan Program Sekolah
  3. Indikator sosial ekonomi , termasuk pola asuh, “pendidikan, karir mengasuh anak”, area belajar di rumah
  4. Kualitas pendidikan , yang meliputi: kepemimpinan instruksional, dukungan emosional, aktivitas komunikasi
  5. Pengembangan guru untuk refleksi guru, termasuk refleksi dan kemajuan guru


Berikut adalah beberapa contoh soal lingkungan belajar dari guru ANBK.

Soal 1 : Untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, bahan-bahan fisik di lingkungan sekolah harus diperhatikan.

Aksesoris dinding ruangan untuk menciptakan suasana yang menyenangkan

Ruang belajar yang bersih, nyaman dan tertata dengan baik

Semua tentang lokasi proses pembelajaran

Kelas dan peralatan dan infrastrukturnya, AC, alat bantu atau perlengkapan mengajar, pencahayaan, warna dan pameran

Pertanyaan 2: Untuk merangsang atau memotivasi anak-anak untuk terlibat dalam kegiatan belajar, lingkungan belajar harus dirancang untuk mencerminkan harapan yang tinggi dari kognisi pribadi anak-anak. Lingkungan atau pengaturan belajar yang ideal harus diterapkan untuk meningkatkan kegiatan belajar dan belajar. Lalu bagaimana cara menciptakan lingkungan yang nyaman?

Organisasi pelajaran, lingkungan belajar dan belajar yang menarik dan pembelajaran ekstrakurikuler

Mengatur pelajaran, bekerja sama dengan orang tua untuk menciptakan lingkungan belajar dan belajar yang menyenangkan dan lingkungan sekolah

Penataan ruang kelas, lingkungan belajar-mengajar yang menyenangkan, lingkungan luar yang menyenangkan, komunikasi fungsional dan interaksi sosial antara siswa dan guru, menjadi guru yang menyenangkan, memungkinkan siswa untuk berkreasi dan bermain sesuka mereka.

Organisasi kelas, lingkungan belajar yang menyenangkan, lingkungan luar yang nyaman, hubungan dan interaksi sosial yang ideal antara siswa dan guru, menjadi guru yang menyenangkan, memungkinkan siswa mengembangkan ide dan permainan mereka sendiri, menyepakati aturan bersama.

Soal 3 : Untuk menciptakan ruang kelas yang sesuai, guru harus mampu memberikan aturan-aturan yang disepakati siswa. Oleh karena itu, siswa tidak diperbolehkan untuk memilih di dalam kelas, yang memperburuk situasi belajar dengan menetapkan aturan yang disepakati. Berikut adalah beberapa hukuman sederhana bagi siswa yang melanggar kesepakatan bersama.

Bersihkan kamar, simpan bahan dan kerjakan pekerjaan rumah Anda tanpa selesai

Berdiri di depan kamar, lari ke lapangan dan bersihkan kamar mandi

Bayar denda, suruh keluar kamar, pulang

Hukuman fisik tidak diperlukan

Pertanyaan 4 , Apa yang membuat guru tidak merasa tidak enak saat menjawab pertanyaan atau pertanyaan guru?

Guru harus demokratis

Belajar tidak selalu memberi peringkat

Lingkungan belajar dan mengajar yang menyenangkan membuat siswa bersemangat untuk belajar dan belajar menjadi lebih bermanfaat.

Berikan kesempatan kepada anak-anak yang cerdas dan pemberani

Pertanyaan 5 : Meskipun siswa belajar dan mengembangkan kegiatan belajar di dalam kelas, lingkungan eksternal juga mempengaruhi proses belajar siswa. Lingkungan luar yang nyaman memungkinkan siswa untuk belajar dengan baik, tetapi di sisi lain, jika lingkungan luar tidak nyaman dan muncul masalah, perhatian siswa akan terganggu. Bagaimana menciptakan lingkungan yang mendukung di luar sekolah?

Kerjasama yang baik antara siswa, guru, kepala sekolah, staf dan petugas kebersihan

Membangun hubungan baik dengan berbagai pihak

Lingkungan sekolah merupakan titik acuan untuk menilai kualitas sekolah dan karenanya harus dijaga dengan baik.

Cari donatur sebanyak-banyaknya untuk melengkapi halaman sekolah

Pertanyaan 6 : Salah satu cara untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan adalah dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan ide-ide mereka sendiri. Apa yang dilakukan guru untuk membantu siswa bersenang-senang dan menjadi kreatif?

Guru berperan sebagai fasilitator, fasilitator, motivator, dan motivator untuk mendukung pembelajaran siswa

Guru tidak harus menjadi pemimpin dan pembelajar, tetapi guru harus memberikan kesempatan kedua kepada siswa untuk mengembangkan kreativitasnya.

Guru harus memuji siswa yang kreatif

Guru memberikan evaluasi terbuka

Pertanyaan 7 : Desain kelas adalah area kunci dalam merancang kegiatan belajar dan belajar yang menyenangkan. Ruang kelas yang bersih, nyaman dan dilengkapi dengan baik mendorong pembelajaran. Penyelenggaraan pelajaran merupakan praktik bersama antara siswa dan wali kelas masing-masing. Sekolah juga dapat berkontribusi untuk meningkatkan pengajaran. Berikut adalah beberapa contoh kegiatan yang dapat dilakukan sekolah.

Siapkan kontes tata graha reguler

Infrastruktur pengajaran yang lengkap

Ajak anak untuk membuat kamar yang bersih, rapi dan nyaman

Kebaktian gereja diadakan di sekolah-sekolah setiap hari Jumat.

Pertanyaan 8 : Pengorganisasian ruang kelas tidak hanya mencakup penataan kursi dan meja, tetapi juga pengelolaan kelas. Contoh manajemen kelas

Rencana tempat duduk, jadwal, struktur kelas dan daftar periksa

Aksesoris dinding ruangan untuk menciptakan suasana yang menyenangkan

Gambarkan hasil atau ungkapan positif yang mendorong siswa untuk belajar

Kalender, jam dinding, alat pembersih


Demikian informasi mengenai Contoh Soal Asesmen Pembelajaran Lingkungan Belajar Guru . Kami berharap itu akan berguna.

Tag Terpopuler