NETWORK : RakyatPos | ValoraNews | Kupas Online | TopSumbar | BanjarBaruKlik | TopOne | Kongkrit | SpiritSumbar | Basangek | MenaraInfo | Medikita | AcehPortal | MyCity | ReportasePapua | RedaksiPos | WartaSehat

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Cara Pengisian Pendataan AKMI Tahun 2021

Sunday, June 5, 2022 | June 05, 2022 WIB Last Updated 2022-06-07T10:44:59Z

Dalam rangka persiapan evaluasi kompetisi Madrasah 2021 di Indonesia, setiap madrasah Ibtidayya yang ingin menjadi seniman AKMI 2021 harus melengkapi pendataan AKMI 2021. Bagian akhir pendataan ini terdiri dari dua bagian yaitu bagian akhir penelitian pendahuluan. (Data Peserta Madrasah NMA) Tambahan Staf Madrasah (data biografi peserta).


Dua pendataan terkait persiapan pelaksanaan AKMI 2021 dapat dilakukan di website Kementerian Agama “Reformasi Mutu Pendidikan Madrasah” komponen II: appmadrasa.kemenag.go.id/komp2/validasi.


Pada artikel RakyatPos.ID kali ini kami uraikan cara pengisian data calon penyelenggara Madrasah AKMI 2021. Madrasah.

Cara Pengisian Pendataan AKMI

Baca persamaan dan perbedaan antara ANBK dan AKMI


Pertama, periksa apakah madrasah Ibtida yang bersangkutan masuk dalam daftar madrasah penyelenggara AKMI tahun ini. Karena pada tahun 2021 hanya 12809 MI terpilih yang akan dilaksanakan oleh AKMI. Ini mewakili sekitar 50% dari total jumlah MI di Indonesia. Sisanya akan dipimpin oleh AKMI pada tahun 2022 dengan jenjang MT MA.


Untuk cek daftar Madrasah Tuan Rumah AKMI 2021, silahkan baca artikel sebelumnya AKMI 2021, Disusul 50% MI di Indonesia, MT MA Kapan? atau surat edaran untuk melengkapi pendataan AKMI


Cara Mengisi Data Madrasah Peserta AKMI


Langkah pertama bagi madrasah yang terdaftar dalam daftar penyelenggara AKMI 2021 adalah mengisi tanggal AKMI madrasah atau survey pertama.


Berikut cara mengisi survei pertama ini.

1. Buka halaman MEQR Komponen II di https://appmadrasah.kemenag.go.id/kompen2/validasi/, lalu pilih Data Peserta AKMI Medrasah.


2. Anda juga bisa langsung mengakses halaman login: https://appmadrasah.kemenag.go.id/Component2/validasi/login/validitas.


3. Setelah mengakses halaman login, masukkan NSM yang sesuai sebagai username password.

Pengisian Pendataan AKMI 01

4. Ingatlah untuk mengubah kata sandi Anda setelah login pertama berhasil. Untuk melakukan ini, klik tombol "Akun Anda" atau pada menu "Perbarui akun", lalu masukkan kata sandi baru yang diinginkan di bidang "Kata Sandi" "Konfirmasi kata sandi" >> klik tombol "Perbarui Akun".


5. Klik menu profil Madrasah. Isi data yang tersedia termasuk jumlah siswa menurut jenis kelamin lokasi madrasah menggunakan koordinat.


6. Jawab beberapa pertanyaan dari kuesioner, antara lain:

  • Apakah madrasah Anda menggunakan situs e-learning yang dikembangkan oleh Kementerian Agama RI?
  • Berapa banyak komputer yang ada di madrasah yang bisa digunakan di AKMI?
  • Jika jumlah komputer atau akses internet tidak mencukupi, apakah madrasah akan meminjam peralatan dari sekolah/alamat lain?
  • Metode penilaian mana yang dipilih madrasah?


7. Setelah semuanya selesai, klik tombol "Simpan data".

Pengisian Pendataan AKMI 02

8. Klik menu "Pengumpulan Data" >> "Pemilik" untuk menambah data yang diberikan kepada operator ruangan AKMI 2021. sedang dalam pengamatan. Jika Anda mengklik "Simpan data".

Pengisian Pendataan AKMI 03

9. Ulangi langkah 8 jika AKMI memiliki lebih dari satu ruangan.


10. Klik menu Pendataan >> Pengawas untuk menambah guru yang ditunjuk oleh pengawas AKMI. Klik Add Details, lalu masukkan nama, NIK, alamat email, tempat lahir tanggal area layanan. Jika Anda mengklik "Simpan data".


11. Klik menu Pendataan >> Teknisi untuk menambah guru latih AKMI. Klik Add Details, lalu masukkan nama, NIK, alamat email, tempat lahir tanggal area layanan. Jika Anda mengklik "Simpan data".


Pengisian data madrasah peserta AKMI atau survei pendahuluan selesai


Kemudian inspektur/teknisi memasukkan data peserta ke dalam halaman biodata peserta.


Cara pengisian tim madrasah (informasi pribadi peserta)


Setelah madrasah membentuk tim madrasah yang terdiri dari pengawas ruangan AKMI, teknisi dan pengamat, dan memasukkannya ke dalam data AKMI madrasah seperti dijelaskan di atas, tim Madrasah telah merekonstruksi biografi peserta MEQR - Komponen Satu. halaman II.


Cara pengisian data diri peserta adalah sebagai berikut:


1. Buka halaman MEQR Komponen II di https://appmadrasah.kemenag.go.id/kompen2/validasi/և lalu pilih live data peserta.


2. Bisa juga langsung ke halaman pendaftaran di https://appmadrasah.kemenag.go.id/kompen2/event/.


3. Buka halaman peserta kegiatan.

  • Pilih "Anggota Tim MI AKMI 2021".
  • Masukkan alamat email aktif di kolom Email
  • Masukkan nomor ponsel yang aktif di kolom Nomor HP.
  • Klik tombol Daftar sebagai anggota.

Pengisian Pendataan AKMI 04

4. Buka dashboard MI Team anggota AKMI 2021, klik menu “Isi Data Biologis” atau tombol “Biodata”.


5. Isi isi kolom yang tersedia, dimulai dengan informasi pribadi seperti NIK, Nama, NPWP, Jenis Kelamin, Tempat Lahir Tanggal, Nama Depan, Nama Belakang dan Nomor Rekening Bank, Detail Madrasah Jabatan di AKMI 2021.

Pengisian Pendataan AKMI 05

6. Jika semuanya sudah siap, klik tombol "Next".


7. Langkah 2 Halaman tanda tangan ditampilkan. Menggunakan trackpad mouse atau laptop, gambar tanda tangan Anda di area yang sesuai.


8. Klik Dapatkan Tanda Tangan.


9. Jika ya, klik Berikutnya

Pengisian Pendataan AKMI 06

10. Akan muncul pesan "Fase 3 selesai". Cek data yang sudah diisi. Jika terjadi kesalahan, klik tombol "Kembali" untuk melakukan perubahan.


11. Klik Cetak Data Biografi untuk mencetak hasilnya.


12. Klik menu Muat Dokumen. Unggah dokumen termasuk halaman depan surat kabar, KTP, NPWP, keberatan hati nurani surat penunjukan

Pengisian Pendataan AKMI 07

Baca Perjanjian Kejujuran Surat Pengangkatan Supervisor dan Teknisi AKMI Supervisor

Ulangi langkah di atas untuk masing-masing AKMI Room Controllers 2021, Teknisi Controllers.


Verifikasi Lacak hasil verifikasi dengan mengakses halaman resume member seperti langkah 1-4 di atas, lalu klik menu Hasil Verifikasi.


Berikut panduan lengkap cara pengisian pendataan AKMI 2021, cara pengisian data madrasah untuk penyelenggara keanekaragaman hayati madrasah untuk tim madrasah termasuk pembina AKMI, teknisi pemantau ruangan.

Tag Terpopuler